Breaking News

Cpns 2024 Kapan Dibuka

CPNS 2024 Kapan Dibuka?

Pemerintah melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) telah mengumumkan bahwa rekrutmen calon aparatur sipil negara (CASN) tahun 2024 akan dibuka pada awal Januari 2024. Hal ini disampaikan oleh Menteri PANRB, Abdullah Azwar Anas, pada tanggal 30 Desember 2023.

Pembukaan CPNS 2024 ini merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk memenuhi kebutuhan aparatur sipil negara di berbagai instansi pemerintah. Kebutuhan tersebut terutama diprioritaskan pada pelayanan dasar, seperti tenaga guru dan tenaga kesehatan.

Berdasarkan data yang dirilis oleh PANRB, formasi yang akan dibuka pada CPNS 2024 diperkirakan mencapai 1,3 juta. Jumlah ini terdiri dari 1,1 juta formasi untuk CPNS dan 200 ribu formasi untuk PPPK.

Untuk formasi CPNS, prioritas diberikan kepada lulusan baru SMA/SMK/sederajat dan perguruan tinggi. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan kompetensi aparatur sipil negara.

Proses seleksi CPNS 2024 akan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) yang diselenggarakan secara nasional. Proses seleksi ini akan terdiri dari beberapa tahapan, yaitu seleksi administrasi, seleksi kompetensi dasar (SKD), seleksi kompetensi bidang (SKB), dan wawancara.

Bagi para pendaftar CPNS 2024, perlu mempersiapkan diri dengan baik agar bisa lolos dalam seleksi. Persiapan yang perlu dilakukan antara lain:

  • Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan sesuai dengan formasi yang dilamar.
  • Mempelajari materi seleksi CPNS, baik SKD maupun SKB.
  • Berlatih mengerjakan soal-soal seleksi CPNS.
  • Menjaga kesehatan dan stamina.

Dengan persiapan yang matang, maka peluang untuk lolos CPNS 2024 akan semakin besar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *