Breaking News

Cpns 2024 Bulan Berapa

CPNS 2024 Bulan Berapa?

Pemerintah Indonesia telah mengumumkan bahwa rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2024 akan dibuka pada awal Januari 2024. Hal ini disampaikan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas pada tanggal 30 Desember 2023.

"Nanti di bulan pertama, Januari minggu pertama (2024), presiden (Jokowi) akan mengumumkan (CPNS)," kata Azwar Anas.

Dengan demikian, pendaftaran CPNS 2024 diperkirakan akan dibuka pada bulan Januari atau Februari 2024.

Kuota CPNS 2024

Kuota CPNS 2024 diperkirakan akan mencapai 1,3 juta formasi. Kuota tersebut akan dialokasikan untuk berbagai jenis jabatan, mulai dari jabatan pelaksana hingga jabatan fungsional.

Menteri PANRB Azwar Anas mengatakan bahwa kuota terbesar CPNS 2024 akan dialokasikan bagi lulusan baru SMA Sederajat maupun perguruan tinggi (fresh graduate). Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan kompetensi ASN.

Formasi CPNS 2024

Formasi CPNS 2024 akan diumumkan secara resmi oleh Presiden Joko Widodo pada pekan pertama Januari 2024. Namun, berdasarkan informasi yang beredar, formasi CPNS 2024 akan diprioritaskan untuk instansi-instansi yang membutuhkan tenaga kerja dengan keterampilan dan kompetensi khusus.

Persyaratan CPNS 2024

Persyaratan CPNS 2024 akan diumumkan secara resmi oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN). Namun, berdasarkan informasi yang beredar, persyaratan CPNS 2024 akan mengalami perubahan dari tahun sebelumnya.

Salah satu perubahan yang akan dilakukan adalah persyaratan usia maksimal. Pada tahun 2024, persyaratan usia maksimal CPNS akan dinaikkan menjadi 35 tahun. Perubahan ini dilakukan untuk memberikan kesempatan yang lebih luas bagi calon pelamar CPNS.

Tips Sukses Lulus CPNS

Bagi Anda yang berencana mengikuti seleksi CPNS 2024, berikut ini adalah beberapa tips sukses lulus CPNS:

  • Persiapkan diri dengan matang

Persiapan matang merupakan kunci utama untuk lulus CPNS. Anda perlu mempersiapkan diri dengan baik, mulai dari persiapan materi, mental, hingga fisik.

  • Pelajari materi seleksi dengan cermat

Materi seleksi CPNS terdiri dari berbagai macam, mulai dari materi umum, materi bidang, hingga materi kompetensi dasar. Anda perlu mempelajari materi tersebut dengan cermat agar dapat menjawab soal dengan benar.

  • Latih diri secara rutin

Latihan secara rutin akan membantu Anda untuk meningkatkan pemahaman dan penguasaan materi seleksi. Anda dapat berlatih sendiri atau mengikuti bimbingan belajar.

  • Jaga kesehatan dan kebugaran

Seleksi CPNS membutuhkan fisik yang prima. Oleh karena itu, Anda perlu menjaga kesehatan dan kebugaran agar dapat mengikuti seleksi dengan lancar.

Demikianlah informasi mengenai CPNS 2024 bulan berapa. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Anda yang berencana mengikuti seleksi CPNS 2024.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *